CRM apakah itu? Apakah ada hubungannya dengan dunia bisnis? Dalam segi apakah CRM berhubungan dengan dunia bisnis? Apakah juga berhubungan dengan Sistem Informasi? Pengen lebih tahu lebih lanjut tentang CRM, ayo baca lebih lanjut artikel ini....
Oke, langsung saja. CRM merupakan sebuah singkatan dari Customer Relationship Management. Dari singkatan yang disebutkan bisa dikatakan CRM menghubungkan antara Customer atau pelanggan dengan Management atau Perusahaan. CRM sediri mempunyai pengertian yaitu strategi perusahaan untuk memahami dan mempengaruhi pelanggan yang bertujuan meningkatkan, mempertahankan, dan sebuah loyalitas pelanggan agar perusahaan mendapatkan keuntungan maksimal dari sebuah pelanggan.
Dari pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa CRM hanyalah strategi perusahaan untuk mendapatkan pelanggan. Setelah perusahaan mendapatkan pelanggan itu, maka tingkah laku pelanggan tersebut harus dipahami agar perusahaan tahu apa saja yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersebut. Sehingga dengan cara tersebut pelanggan merasa nyaman dan diperlakukan dengan baik.
Dampak baik dari CRM untuk perusahaan antara lain:
1. Perusahaan bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga bisa dijadikan evaluasi agar perusahaan bisa menjadi lebih baik.
2. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk promosi, karena pelanggan bisa membantu promosikan karena mereka merasa nyaman dengan apa yang telah diberikan oleh perusahaan.
3. Mendapatkan pendapatan yang stabil bahkan bisa meningkat karena terdapat pelanggan yang loyal dengan selalu menggunakan produk dari perusahaan bahkan membantu perusahaan mendapatkan pelanggan loyal yang lain.
Itulah sedikit penjabaran tentang CRM. Untuk mengetahui postingan saya yang lain tentang Sistem Informasi, klik saja link ini :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar