Setelah pembahasan Customer Relationship Management dan Enterprise Resource Planning pada postingan saya yang sebelumnya, sekarang kita coba bahas apa SCM itu? Siapa pengguna SCM itu? Bagaimana cara menggunakan SCM itu? Baca lagi yuk :))))
Pengertian SCM, apakah SCM itu? SCM adalah suatu sistem untuk mengatur proses pengadaan, perpindahan, dan penyimpanan bahan baku atau bahan mentah, barang jadi, informasi, dan uang dari hulu sampai ke hilir sehingga proses bisnis bisa berjalan. Maksud dari hulu ke hilir yaitu mulai dari pengada barang yaitu supplier ke manufacturer untuk diolah, setelah itu ke distributor, dan barang sampai end customer nantinya.
Ada beberapa macam aliran perpindahan dalam SCM, apa saja itu?
Yang pertama, ada Aliran fisik yaitu perpindahan produk, pengembalian produk. Lalu ada aliran pembayaran seperti pembayaran produk, kredit, dll. Terakhir adalah aliran informasi seperti kapasitas produk yang akan disalurkan, jadawal pengiriman, data penjualan, dll.
Tujuan dari SCM sendiri adalah untuk memaksimalkan profit, mempersingkat waktu pengiriman barang ke end customer, dan meminimalkan harga yang diterima end customer karena adanya control.
Baca yang lain tentang Sistem Informasi yuk :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar